Saturday 25 October 2014

Wisata Air Terjun Curug Nangka dan Curug Daun Bogor

Bogor, Desember 2013

Bogor tidak hanya punya kebun raya... air terjun atau biasa disebut curug juga ada lho. Saya aja baru tahu heuheu. Curug Nangka merupakan salah satu wisata air terjun di bawah pengawasan RPH Gunung Bunder, Bogor.


Ketinggian Curug Nangka sekitar 10 meter. Curug Nangka lokasinya lebih dekat dengan pintu masuk dan jika dilanjutkan maka akan ditemui Curug Daun. Di sekitar pintu masuk banyak warung warung bambu sederhana yang menjual makanan ringan, mie rebus, kopi, dan minuman lainnya. Tidak ada restoran atau warung makan besar di area sini. Selain itu tidak ada tempat sampah sepanjang jalur menuju Curug Nangka ya namanya juga lewat sungai, amat disayangkan masih ada yang membuang botol bekas minuman di sungai atau curug. Bisa dong ya dipegang dulu hih.


Jalan yang bisa dilalui kendaraan hanya sampai parkiran. Selanjutnya harus berjalan kaki melalui hutan dan sungai. Sungainya masih bening, air nya dingin, dengan batu batu besar. Pemandangan hutan dan bukit hijau, udaranya pun masih suwejuk lho.


Alamat Lengkap Curug Nangka terletak di Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari, Bogor, Propinsi Jawa Barat - Indonesia. Berada pada titik Koordinat GPS: 6° 40' 4.12" S 106° 43' 37.09" E. Tiket masuk 10.000 entah kalau sekarang ya, mungkin sudah berubah

Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari Bogor menuju jalan raya Ciapus kemudian cari patokan arah The Highland Park Resort, hotel ini biasa digunakan untuk outbound dan gathering dan yang pasti ada di Google Maps. Nanti akan ada papan penunjuk arah Curug Nangka.

Karena ke sana saya menggunakan kendaraan pribadi, jadi untuk kendaraan umum saya kurang tahu. Kalau dari kata orang Bogor nya sih, jika menggunakan angkutan umum anda bisa menggunakan angkot 03 jurusan Bogor - Ciapus yang berangkat dari terminal Ramayana Bogor. Kemudain berhenti di pertigaan sebelum pintu gerbang. Dilanjutkan dengan belok kiri kearah Curug Nangka, sedangkan ke sebalah kanan ialah menuju arah Curug Luhur. Selanjutnya dari pertigaan di atas (pemberhentian akhir angkot) perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki menuju pintu gerbang yang jaraknya kurang lebih 700 meter.

Bogor masih banyak yang bisa dijelajahi lho...

2 comments:

 

PiquNiqu Template by Ipietoon Cute Blog Design